Raja Ampat Surga Wisata Bahari

Posted on

Raja Ampat terdiri dari empat pulau besar yang berdekatan yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta. Banyak orang menyangka, bahwa Pulau Raja Ampat adalah salah satu pulau yang didestinasikan sebagai objek wisata. Padahal, seperti yang saya sebutkan tadi, pulau ini terdiri dari empat pulau besar. Jika dilihat dari segi aadministratif, Kepulauan Raja Ampat masuk dalam wilayah kabupaten Raja Ampat di propinsi Papua Barat dan Waisai adalah nama ibukota dari kabupaten Raja Ampat.

Untuk penamaan Raja Ampat sendiri, melihat dari mitos yang beredar di masyarakat, Raja Ampat diartikan sebagai empat raja. Penamaan tersebut dikaitkan dengan sebuah mitos sudah turun-temurun. Menurut cerita, dulu ada sepasang suami istri yang hidupnya sederhana. Mereka hidup dengan mencari makanan di hutan. Suatu ketika, saat hendak melepas lelah, mereka menemukan enam telur. Ketika mereka dekati ,ternyata telur-telur tersebut adalah telur naga. Ketika hendak memakannya, telur-telur tersebut berubah menjadi sosok manusia. Empat dari telur tersebut menjelma menjadi anak laki-laki dan satunya lagi menjelma menjadi anak perempuan. Empat laki-laki ini diberi nama Betani, Dohar,Mohamad dan War. Sedangkan anak perempuan tadi diberi nama Pintolee. kemudian ,ketika beranjak dewasa mereka diangkat menjadi raja yang memerintah di daerah tersebut . Betani kemudian mejadi Raja Salawati,Doharmenjadi Raja Lilinta(Misool), Mohamad menjadi Raja Waigama(Batanta), War menjadi Raja di Waigeo. Keempat nama dari raja inilah yang menjadi dasar dari penampaan empat pulau di Raja Ampat.

Raja Ampat adalah keinginan bagi siapapun yang suka dengan wisata bahari. Jika kalian para pendaki, kalian pasti ingin mendaki di Gunung Kerinci dan menginjakkan kaki di puncaknya. Begitupun juga dengan Raja Ampat. Pulau ini menjadi obsesi bagi para wisatawan yang menyukai wisata bahari. Namun saying, tidak semua orang bisa pergi ke Raja Ampat karena biaya yang dipatok untuk berlibur ke tempat ini sangat mahal jika di banding objek wisata lain yang ada di Indonesia. Bahkan, jika dibandingkan dengan berlibur ke luar negeri yang ada di Asia Tenggara, biaya menuju Raja Ampat masih lebih mahal. Karena, jika kita berkunjung ke Raja Ampat, banyak sekali objek wisata yang wajib kita kunjungi dan semuanya sangat mempesona. Kita akan bingung memilih objek wisata mana yang akan kita kunjungi terlebih dahulu.

Banyak sekali julukan yang diberikan untuk Raja Ampat. Tiga diantaranya adalah Hutan Amazon bawah laut,surganya para penyelam, terumbu karang tercantik di dunia. Raja Ampat dijuluki sebagai Hutan Amazon bawah laut karena bak Hutan Amazon yang menyimpan ribuan binatang terlengkap, perairan Raja Ampat juga demikian. Perairan ini menyimpan banyak sekali binatang laut . bahkan, ada beberapa binatang laut langka yang hanya bisa kita temui di perairan Raja Ampat. Menakjubkan bukan? Raja Ampat juga dijuluki sebagai surganya penyelam karena ketika menyelam di perairan Raja Ampat mata kita akan dimanjakan dengan biota bawah laut yang beraneka ragam. Biota tersebut akan hilir mudik didekat kita ketika kita menyelam di perairan ini. Selain itu, julukan yang sematkan untuk Raja Ampat adalah terumbu karang tercantik di dunia. Tahu gak sih, ternyata 75% terumbu karang yang masih hidup ada di perairan ini. Menarik bukan? Karena itulah mengapa pergi ke tempat ini sangat sulit dan sangat mahal, karena kealamian dari Raja Ampat harus tetap terjaga.

Nah, bagi anda yang ingin berwisata melihat pesona keindahan alam raja ampat bisa menghubungi penyedia raja ampat holidays untuk kesini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *