Kawasan XT Square, Lokasi Museum Unik Di Yogyakarta

Posted on

Salah satu tempat yang menjadi tujuan wisatawan di Jogja adalah di kawasan XT Squre.  XT Square merupakan sebuah kawasan yang dikembangkan sebagai objek wisata. Lokasinya di Jalan Veteran No. 150-151, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat ini, XT Squre menjadi sebuah destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang datang dari dalam dan luar kota. Hal tersebut dikarenakan tempat ini terdapat beberapa objek wisata populer seperti Museum Damata 1, Demata 2, Dearca, dan yang terbaru adalah Dewalik. Lokasinya yang dekat dengan Kota Jogja dan juga Kotagede membuat wisatawan tidak kesulitan untuk berkunjung ke tempat ini.

Kawasan ini juga  dikembangkan sebagai salah satu sentra toko batik dan aksesoris khas Jogja serta sebagai ruang terbuka bagi masyarakat untuk bersantai. Mayarakat bisa menikmati makanan atau minuman yang dijajakan oleh para pedagang yang berjualan di kawasan ini. Selain itu juga terdapat museum yang menjadi objek wisata populer di Jogja antara lain:

  1. Museum Demata 1 dan 2

XT Square menjadi populer semenjak dibukanya Museum Demata dan Dearca yang menarik banyak pengunjung yang datang ke kota pelajar ini. Museum Demata merupakan sebuah wahana permainan yang menawarkan lukisan atau foto 3 dimensi yang mana pengunjung yang berfoto di depan lukisan tersebut hasilnya seakan nyata. Museum ini terdiri dari dua bagian yaitu Demata 1 yang merupakan museum pertama yang berisi koleksi lama kemudian Demata 2 yang merupakan museum dengan koleksi lukisan serta wahana terbaru.

  1. Museum Dearca

Sedangkan museum Dearca merupakan museum yang berisaikan arca-arca tokoh-tokoh terkenal baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Tokoh-tokoh yang ada di museum ini sangat banyak dari para pesohor dunia, pemimpin nasional, pemimpin dunia dan juga para pahlawan super yang biasa menghiasi layar kaca.

  1. Museum D`Walik

Museum ini merupakan wahana terbaru yang ada di kawasan Jogja. Museum D`Walik merupakan wahana yang menawarkan kegiatan foto dengan latar terbalik. Di sini pengunjung akan berfoto seakan dunia terbalik yang mana posisi mereka berada di atas menempel langit-langit.

Ketiga objek wisata tersebut masih dalam satu manajemen sehingga wisatawan disarankan membeli tiket terusan agar menghemat biaya selama wisata di museum ini. Kalau pun waktunya tidak mencukupi wisatawan bisa memilih salah satu dari ketiga pilihan objek wisata tersebut disesuaikan dengan minat dan keinginannya. Jika wisatawan yang datang berjumlah puluhan orang bisa sewa bus pariwisata di Jogja agar perjalanan lebih nyaman dan aman.