Penyebab gagap anak

Mengenali Penyebab Gagap Secara Lengkap

Posted on

Penyebab gagap terdiri dari beberapa faktor seperti dikutip dati artikel “how to stop stuttering” salah satu penyebab utama adalah faktor genetik. Faktor genetik ini menyumbangkan peluang untuk terjadi adalah sekitar 60%. Ketika dari orang tua ada yang menderita gagap, maka kemungkinan besar anak akan ikut memiliki keluhan tersebut. Jadi ketika seorang ayah menderita gagap maka keluhan gagap ini akan ditularkan pada anak perempuannya dengan kemungkinan sebesar 60%.

Meskipun salah satunya adalah keturunan bukan berarti keluhan gagap ini tidak bisa diatasi. Keluhan ini sangat bisa dikurangi dengan terapi rutin. Penyebab berikutnya adalah stres yang berkepanjangan. Stres yang berkepanjangan ini tentunya akan membuat penderita cukup kesulitan untuk memproses kata-kata dari otak menuju ke mulut.

Penyebab gagap anak

Ketakutan ini berperan cukup besar untuk menimbulkan gagap pada seseorang. Bukan hanya itu saja, ketakutan dan stres membuat kemungkinan untuk menderita gagap cukup besar bahkan ketika orang tersebut tidak memiliki keturunan gagap.

Penyebab gagap berikutnya adalah adanya trauma di masa lalu. Trauma di masa lalu ini cukup banyak macamnya. Ada beberapa orang yang memiliki trauma dalam bentuk psikis. Hal ini memberikan dampak yang cukup signifikant untuk menimbulkan keluhan gagap pada penderita. Selain itu ada juga trauma fisik yang membuat seseorang mengalami cedera yang cukup parah pda bagian otak. Bukan hanya itu saja trauma yang cukup parah ini juga menyumbangkan peluang yang cukup besar.

Kemungkinannya ini bisa mendekati yang terkena gagap akibat keturunan. Sedangkan untuk faktor stres dan ketakutan berada di urutan berikutnya. Meskipun berada bukan diurutan teratas ketiganya memiliki peranan yang cukup besar bahkan penyebab terbesar dari munculnya gagap. Jadi untuk mencegahnya Anda harus menghindarkan faktor resiko yang akan membuat Anda berpeluang terkena gagap.