Kualitas Hidup dengan Diabetes

Posted on

Lebih dari 30 juta orang Amerika menderita diabetes dan membutuhkan pengobatan seumur hidup. Anda tidak sendiri. Diabetes membutuhkan manajemen diri setiap hari. Terkadang, ini bisa menjadi tantangan. Tapi manfaatnya sangat nyata.

 

  • Pengetahuan dan kesadaran merupakan jantung pengelolaan diri diabetes yang baik
  • Pemberdayaan diri adalah kunci sukses. Pendekatan positif dapat membantu Anda merasa lebih baik dan mengurangi risiko komplikasi.
  • Pendidik diabetes dapat memberi Anda dukungan yang Anda butuhkan. Mereka adalah profesional kesehatan yang mengkhususkan diri pada perawatan dan pendidikan penderita diabetes.
  • Pendidik diabetes meliputi perawat, ahli diet, dokter, psikolog latihan, dan pekerja sosial.

Apakah diabetes adalah penyakit yang progresif?

Iya nih. Bagaimana Anda merawat diabetes Anda sepuluh tahun yang lalu berbeda dari bagaimana Anda harus merawatnya hari ini. Perawatan diabetes telah berubah selama sepuluh tahun terakhir. Dosis obat yang Anda minum di masa lalu mungkin tidak benar hari ini. Juga, seiring bertambahnya usia dan bertambah tua, kebutuhan kesehatan Anda juga akan berubah.

Anda tidak menjalani satu terapi selamanya. Melakukan pemutaran rutin, pemeriksaan, dan pendidikan penting. Ini membantu Anda dan tim kesehatan Anda tahu terapi mana yang paling membantu Anda.

Bagaimana diabetes mempengaruhi tubuh saya?

Bila diabetes tidak terkendali dengan baik, kadar gula dalam darah Anda naik. Gula darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada banyak bagian tubuh Anda, termasuk mata, jantung, kaki, saraf, dan ginjal Anda.

Diabetes juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan pengerasan pembuluh darah.

Bagaimana diabetes mempengaruhi ginjal?

Ginjal Anda mengandung saringan yang berisi pembuluh darah kecil. Kadar gula tinggi dalam darah bisa menyebabkan pembuluh darah ini menjadi sempit dan tersumbat. Bila filter tidak mendapatkan cukup darah, sedikit limbah dan cairan dikeluarkan dari tubuh Anda.
Diabetes juga bisa menyebabkan kerusakan saraf di tubuh Anda, sehingga sulit mengosongkan kandung kemih Anda. Tekanan yang ditimbulkan oleh ini bisa melukai ginjal atau menyebabkan infeksi.

Apa itu penyakit ginjal?

Jika Anda memiliki penyakit ginjal, itu berarti ginjal Anda rusak. Ginjal bisa menjadi rusak akibat luka fisik atau penyakit seperti diabetes atau tekanan darah tinggi. Ginjal yang sehat melakukan banyak pekerjaan penting. Antara lain, mereka menyaring darah Anda dari sampah dan air ekstra, dan membantu tubuh Anda membuat sel darah merah. Tapi begitu ginjal rusak, mereka tidak bisa melakukan pekerjaan ini dengan cukup baik untuk membuat Anda tetap sehat. Seiring waktu, hilangnya fungsi ginjal ini bisa menjadi ancaman bagi kehidupan. Hal ini dapat menyebabkan gagal ginjal. Jika Anda mengalami gagal ginjal, Anda memerlukan perawatan seumur hidup dengan dialisis atau transplantasi ginjal.

Bagaimana saya tahu jika saya menderita penyakit ginjal?

Cara terbaik untuk menemukannya adalah untuk diuji untuk itu. Orang dengan diabetes harus diuji untuk penyakit ginjal setidaknya setahun sekali dengan dua tes sederhana:
Pemeriksaan urine sederhana memeriksa apakah Anda memiliki protein dalam urin Anda. Tubuh Anda membutuhkan protein. Tapi seharusnya di dalam darah, bukan urin. Memiliki sejumlah kecil protein dalam urin Anda mungkin berarti ginjal Anda tidak menyaring darah Anda dengan cukup baik. Memiliki protein dalam urin Anda disebut “albuminuria.” Ini bisa jadi pertanda awal penyakit ginjal. 

sakit buah pinggang

Tes darah sederhana untuk memperkirakan GFR (laju filtrasi glomerulus). Nomor GFR Anda memberitahu Anda seberapa baik ginjal Anda bekerja. GFR Anda diperkirakan dari tes darah sederhana untuk produk limbah yang disebut kreatinin. Nomor kreatinin Anda digunakan dalam formula matematika bersama dengan usia, ras, dan jenis kelamin Anda untuk menemukan GFR Anda. 

ubat sakit buah pinggang

Seberapa mungkin saya terkena penyakit ginjal?

Sekitar sepertiga penderita diabetes akan terkena penyakit ginjal. Diabetes adalah penyebab utama penyakit ginjal dan gagal ginjal. Beberapa kelompok orang, seperti African Americans / Blacks, Hispanik, dan penduduk asli Amerika memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit ginjal dan gagal ginjal akibat diabetes. Tapi ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko Anda. Tidak semua penderita diabetes akan terkena penyakit ginjal.

Mendapatkan pengobatan untuk diabetes Anda dan melakukan semua yang Anda bisa untuk mengelola diabetes Anda sendiri dapat membantu mencegah Anda terkena penyakit ginjal.
Menjaga kontrol gula darah Anda dapat membantu mencegah penyakit ginjal. Memiliki gula darah tinggi merupakan faktor risiko utama diabetes.
Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor utama yang membuat penderita diabetes berisiko terkena penyakit ginjal. Menjaga tekanan darah Anda pada tingkat yang disarankan dokter

Anda dapat membantu menghentikan Anda terkena penyakit ginjal.
Mendapatkan tes secara teratur untuk penyakit ginjal penting karena deteksi dini dan pengobatan penyakit ginjal dapat membantu memperlambat atau bahkan menghentikannya agar tidak bertambah parah.

Haruskah saya mempraktekkan perilaku perawatan diri?

Iya nih. Jika Anda menderita diabetes, Anda perlu mengatur diabetes setiap hari. Untuk melakukannya, Anda harus belajar keterampilan mengelola diri sendiri dan mempraktikkan perilaku perawatan diri. Faktanya, American Association of Diabetes Educators (AADE) merekomendasikan tujuh perilaku perawatan diri untuk penderita diabetes.
Makan sehat. Membuat pilihan makanan sehat, memahami ukuran porsi, dan belajar saat terbaik untuk makan sangat penting untuk mengelola diabetes.
Aktif Mendapatkan aktivitas fisik secara teratur sangat penting. Dengan jumlah latihan yang tepat, penderita diabetes dapat memperbaiki kontrol gula darah, tekanan darah, dan menjaga berat badan yang sehat.

Pemantauan. Pemantauan kadar gula darah setiap hari membantu Anda dan tim kesehatan Anda tahu bagaimana diet, aktivitas fisik, dan obat-obatan Anda mempengaruhi kadar gula darah Anda. Anda juga perlu memeriksa tekanan darah dan berat badan Anda sesering yang direkomendasikan oleh dokter Anda.